Please feel free to quote part of information provided here, with an acknowledgment to the source.

6.3.15

Filologi Indonesia: Teori dan Metode

Judul: Filologi Indonesia: Teori dan Metode
Penulis: Oman Fathurahman
Penerbit: Prenadamedia Group
Terbit: Cetakan Pertama, Maret 2015

==========
Ah, lama sekali saya tidak posting di blog ini, hampir setahun semenjak posting terakhir tanggal 7 Mei 2014! maafkan wahai para pembaca. Saya mencoba memupuk kembali semangat itu dengan berbagi informasi buku terlampir. Buku ini merupakan "modifikasi" dari buku sebelumnya yang berjudul "Filologi Islam Indonesia". Buku yang disebut terakhir tidak dapat diperjualbelikan karena dicetak oleh Puslitbang Lektur Keagamaan, Balitbang Kemenag (2010), sementara minat mahasiswa atas buku pengantar filologi sangat tinggi setiap tahunnya.

Saya memberi judul buku ini Filologi Indonesia: Teori dan Metode.

Penulisan buku ini didorong antara lain oleh kegelisahan kolega-kolega, mahasiswa, dan saya sendiri, atas sulitnya menjumpai buku pengantar kajian filologi yang mutakhir dan dapat dipergunakan khususnya oleh mahasiswa-mahasiswa di Perguruan Tinggi ketika mereka melakukan studi naskah, padahal kajian Filologi di Indonesia sendiri sudah cukup lama berkembang dan menghasilkan karya-karya Filologis yang penting kontribusinya bagi dunia keilmuan, khususnya di bidang Humaniora.


Niat untuk menerbitkan buku ini sudah lama tertanam. Tapi apa daya, niat itu selalu tertunda karena berbagai kesibukan, padahal sebagian besar dari kesibukan itu sendiri sebetulnya adalah memberikan kuliah dan mempresentasikan materi-materi terkait studi pernaskahan Indonesia. Hanya saja, materi-materi itu kebanyakan “teronggok” dalam bentuk slide-slide powerpoint belaka, tanpa sempat menuliskannya untuk konsumsi yang lebih luas.

Kini, saya sadar bahwa penerbitan buku tentang filologi Indonesia ini sudah tidak bisa ditunda-tunda lagi, mengingat kajian naskah dengan pendekatan ilmu filologi sedang bergairah, terutama setelah para peneliti dan dosen di perguruan tinggi agama Islam (PTAI) mulai tertarik untuk menggabungkan studi Islam dengan pendekatan filologi, atau yang dikenal dalam tradisi Islam sebagai Tahqiq.

Saya mencoba mengumpulkan bahan-bahan yang tercecer, menarasikannya, dan merangkainya menjadi bagian-bagian dalam buku ini. Sejumlah referensi yang tersedia saya manfaatkan, ditambah dengan refleksi hasil pengalaman penelitian di lapangan. Ternyata bahan-bahan yang saya miliki juga cukup beragam, mulai dari hal-hal terkait filologi yang bersifat teoritis, sampai pada contoh-contoh kajian naskah keislaman yang menjadi minat utama saya.

Mengingat salah satu tujuan utama dari penulisan buku ini adalah untuk membantu mahasiswa yang mulai mempelajari filologi, maka saya memutuskan untuk memilah terlebih dahulu bahan-bahan yang terkait dengan teori dan metodologi penelitian filologi, dan mengenyampingkan bahan-bahan lain yang lebih menggambarkan integrasi studi Islam dengan filologi, dan merencanakannya untuk penerbitan buku tersendiri tentang Studi Naskah Islam Indonesia.

Buku ini memperbincangkan aneka ragam hal yang berkaitan dengan naskah tulisan tangan atau manuskrip (manuscript), khususnya yang berasal dari Nusantara, berikut teori, metode, dan pendekatan filologi yang biasa digunakan untuk mengkajinya. Beberapa diskusi akan bersifat teoritis, tetapi beberapa bagian lainnya akan lebih berupa refleksi atas pengalaman empirik selama saya menekuni bidang kajian naskah ini.

Secara umum, struktur buku ini terdiri dari 7 (tujuh) bagian terkait teori dan metode penelitian filologi, yakni: (1) pendahuluan, (2) apa itu filologi? (3) naskah sebagai objek kajian Filologi, (4) sejarah perkembangan filologi, (5) teori, metode dan alur penelitian Filologi, (6) kodikologi dan paleografi, serta (7) katalogisasi dan digitalisasi naskah Indonesia.

Akhirnya, saya berharap bahwa buku ini akan melengkapi publikasi-publikasi lain sebelumnya, serta menggairahkan kembali studi naskah Nusantara yang sudah lama “terlantar”.

Murisalim Tiga, 12 Janurai 2015

*Buku ini aku dedikasikan untuk belahan hati, Ida, dan belahan jiwa: Fadli, Alif, dan Jiddane.

6 Kommentare:

siti suwansi said...

Assalamualaikum wr.wb. mhon maaf pak utk membeli buku ini apakah sdh tersedia di gramedia ? Atau bila ingin membeli bku ini bis menghubungi siapa ya pak ? Termakash sblumnya.

Oman Fathurahman said...

Wa'alaikumsalam wr. wb. Buku ini sudah tersedia di toko-toko buku utama, termasuk Gramedia, di sejumlah kota di Indonesia. Kalau anda tinggal di Jakarta, silahkan kirim email ke say melalui: oman.f[et]uinjkt.ac.id

Najibah Abu Bakar said...

Assalamualaikum wbt. Terima kasih Prof. Oman yang dihormati, selesai membaca buku ini (diperoleh di Konference Malay Medical Manuscripts di Kuantan yang baru lalu), saya berasa begitu tercerahkan. Sebagai pustakawan yang baru ingin berjinak2 dengan MSS, itupun secara tidak sengaja kerana diminta bantuan oleh bos kerana sebuah exhibition, saya berharap suatu hari nanti akan mampu mengkatalog MSS berbahasa Melayu di Institusi tempat bekerja (ISLAH, formerly ISTAC).

Studi Peradaban said...

asakum. prof oman. apa buku filologi indonesia ini sudah berada di toko buku surabaya? sekarang mahasiswa saya lagi nunggu buku ini. sekarang sudah di tengah semester. trim. masyhudi adab surabaya.

Oman Fathurahman said...

Yth. Cik Najibah, wa'alaikumsalam ww. Terima kasih banyak sudah mengapresiasi buku ini, saya senang sekali jika bermanfaat. Semoga niat untuk mengkatalogkan naskahnya segera terwujud. Kalau ada yang bsia saya bantu, dengan senang hati. Wassalam.

Oman Fathurahman said...

Wass. Pak Masyhudi, di Surabaya bisa diperoleh di semua jaringan TB Gramedia, TB Togamas, dan TB Murah Online. Terima kasih.